17 Rekomendasi Destinasi Wisata Terbaik di Labuan Bajo

tempat wisata komodo pulau padar

17 Rekomendasi Destinasi Wisata Terbaik di Labuan Bajo

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur merupakan gerbang masuk menuju surga kecil di Indonesia, karena memiliki keindahan alam yang sangat eksotis. Terdapat begitu banyak destinasi wisata yang bisa menjadi tujuanmu menghabiskan masa liburan di Labuan Bajo. Bahkan salah satu dari 7 Keajaiban Dunia juga ada disana. Menarik bukan? Oleh karena itu, Ayana akan membagikan 17 list atau daftar “17 Rekomendasi Destinasi Wisata Terbaik di Labuan Bajo”

  1. Pulau Padar

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Echosant (@echosant)


Kata yang paling tepat untuk mendeskripsikan keindahan alam Pulau Padar yaitu “mengagumkan”. Adapun the best view yang bisa Kamu nikmati dari atas bukit Padar ini adalah saat sunrise dan sunset. Oleh sebab itu, Kamu dapat mempersiapkan energi yang cukup untuk trekking menuju Puncak Padar.

  1. Wae Rebo


Desa Wae Rebo adalah desa yang sangat unik. Mulau dari lokasinya yang berada di atas bukit, kemudian bentuk rumah-rumah adatnya, masyarakat desa, dan semua hal yang berkaitan dengan Desa Wae Rebo benar-benar sangat kental kebudayaan. Di desa ini Kamu dapat mengenal Budaya dan Sejarah kehidupan Suku Manggarai.

  1. Sawah Lingko


Sawah ini terletak di Desa Cangar, Kabupaten Manggarai. Sawah Lingko memiliki bentuk bak sarang laba-laba, dimana petak sawahnya memang dibuat secara khusus yang terkait pola pengelolaan lahan secara adat. Sangat menarik dan unik yah?!

  1. Pulau Kelor


Pulau kecil yang memiliki pasir putih dan tumbuhan hijau, serta riak ombak tenang yang mengelilinginya, Pulau Kelor. Pulau ini masih sangat natural dan cocok bagi Kamu yang menginginkan ketenangan. Selain itu, ayotraveling juga punya informasi lengkap tentang Pulau Kelor, check it out!

  1. Pantai Pink


Pantai Pink adalah destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan jika berkunjung ke Labuan Bajo, terutama bagi Kamu yang suka Snorkeling. Selain itu, Pantai Pink adalah tempat yang cocok untuk kegiatan Sunbathing mu bersama orang-orang terdekat. Bahkan dilihat dari sudut manapun, keindahan alam pantai ini tetap saja memukau.

  1. Gili Laba


Gili Laba atau yang juga dikenal dengan nama Gili Lawa Barat, merupakan salah satu pulau kecil yang menjadi lokasi terbaik untuk menikmati keindahan alam Flores dari ketinggian. Melakukan kegiatan trekking di sore hari untuk menyaksikan indahnya nuansa sunset adalah pilihan yang tepat jika Kamu berkunjung ke Gili Laba.

  1. Pulau Kanawa


Gambaran singkat yang bisa ayotraveling berikan tentang Pulau Kanawa yaitu, Laut biru sebening kaca, pasir putih, terumbu karang yang eksotis dan lanskap yang sangat indah. Hal inilah yang membuat pulau ini sangat rekomended untuk dikunjungi. Untuk informasi lebih lengkapnya, simak juga informasi tentang Pulau Kanawa yang telah ayotraveling rangkum untuk teman-teman traveler!

  1. Danau Kalimutu


Selagi kamu berada di Flores dan memiliki kesempatan liburan maka jangan lewatkan untuk mengunjungi 3 Danau Besar di Puncak Gunung Kalimutu. Ketiga danau tersebut memiliki tiga warna yang berbeda dan bisa berubah di waktu-waktu tertentu. Penasaran kan? Sebelum berkunjung Kamu juga bisa menyempatkan browsing terkait mitos dan catatan sejarah Danau Kalimutu yang psatinya akan membuatmu semakin tertarik.

  1. Goa Rangko

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Estee Andre (@esteeandre)


Goa Rangko atau yang dikenal juga dengan Goa Buaya, adalah goa yang berada di Desa Rangko, Manggarai Barat. Goa di ceruk bumi yang memiliki keindahan memukau dan suasana yang tenang serta menentramkan, dengan air asin jernih dan dipenuhi stalaktiti cantik jangan sampai Kamu lewatkan.

  1. Atol Mangiatan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Anton Chandra (@antonchandra)


Atol adalah Pulau Karang yang berbentuk lingkarang, biasanya di tengahnya terdapat danau atau laguna (KBBI). Di Pulau Mangiatan sendiri memang terdapat banyak Atol dengan warna karang putih kecoklatan dan pada bagian tengahnya berupa blue lagoon diantara air asin. Sudah terbayang bukan bagaimana eksotisnya Atol Mangiatan ini?!

  1. Cunca Wulang


Air Terjun Cunca Wulang memiliki makna Air Terjun Bulan, yang memiliki ketinggian 200m diatas permukaan laut. Air terjun ini berada di Kabupaten Manggarai Barat dan terkenal mirip dengan Green Canyon dalam versi kecil lho! Hal tersebut karena Air Terjun Cunca Wulang memiliki aliran sungai yang berada diantara tebing bebatuan besar dan air terjunnya berada di atas batu-batu juga keluar dari celah bebatuan. Bagi Kamu yang ingin mencari destinasi wisata di tempat yang sedikit berbeda di Labuan Bajo, maka Kamu dapat mengunjungi Cunca Wulang.

  1. Desa Tradisional Bena, Bajawa


Desa Tradisional Bena, Bajawa berada di Kaki Gunung Inerie, dimana desa ini masih memegang teguh adat dan kebiasaan era Megalitikum. Bagi Kamu yang kebetulan sedang singgah atau berlibur di Flores, ada baiknya Kamu menyempatkan untuk menyusuri Lorong waktu di Desa Bena, tentunya Kamu akan merasakan suasana Zaman Megalitikum yang sangat kental.

  1. Taka Makassar

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ming (@mingyau8)


Taka Makassar merupakan pulau pasir yang istimewa, karena hanya muncul jika pasang surut air laut. Sedangkan ukuran pulaunya sendiri tidaklah lebih besar dari lapangan speak bola. Nah Taka Makassar sendiri adalah hibridnya Pantai Pink ditambah Manta Point, biota laut dan terumbu karang yang apik. Jangan lupa siapkan alat-alat snorkelingmu kalau berkunjung ke sini yah!

  1. Manta Point


Bagi teman-teman pecinta Diving baik pemula maupun professional, Kamu pasti tidak asing lagi dengan destinasi berikut ini, Manta Point. Karena tentunya Kamu bisa menyaksikan alam bawah laut yang keren sambil bercengkrama dengan satwa air langka khas Indonesia, Manta Ray atau Si Ikan Pari Raksasa yang sangat bersahabat.

  1. Goa Batu Cermin

 

View this post on Instagram

 

A post shared by #pakaimasker (@ntt1958)


Goa Batu Cermin pertama kali ditemukan pada tahun 1951 oleh seorang Archeology Belanda, Theodore Verhoven. Goa dengan kedalaman hingga 20m ini memiliki ruang yang sempit, jadi pastikan untuk berkunjung bersama pemandu yah! Saat memasuki Goa Batu Cermin, Kamu akan disuguhkan dengan keindahan sinar matahari yang menyusup kedalam celah-celah goa. Nah, sinar matahari inilah yang dipantulkan ke dinding seperti cahaya yang memantul ke cermin. Kemudian tahukah Kamu? Bahwa dinding yang memantul sepeti cermin disebabkan karena dinding goa mengandung garam.

  1. Pulau Rinca

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ekogatan (@ekogatan)


Ayana yakin bahwa Pulau Rinca sudah familiar bagi teman-teman traveler. Ketika sampai di pulau ini, Kamu bisa trekking menuju atas bukit sambil menikmati keindahan padang savanna yang membentang luas. Sebagai habitat asli para Komodo dan menjadi inti dari Taman Nasional Pulau Komodo, dipulau ini Kamu dapat melihat Komodo dari jarak dekat. Namun pastikan untuk selalu bersama Para Ranger dan Pemandu Wisata demi menjaga keselamatan teman-teman.

  1. Liang Bua


Salah satu destinsi wisata yang berada di Manggarai Barat ini sangat terkenal dengan sejarahnya bagi dunia arkeologi. Karena di Liang Bua inilah terjadi penemuan besar di tahun 2001 yaitu bukti adanya keberadaan manusia pertama, Homo Floresiensis. Mulai dari ditemukannya rahang bawah manusia, lalu bagian tubuh lainnya hingga perkakas yang terbuat dari batu dan digunakan untuk bertahan hidup manusia purba. Bahkan ditemukan pula fosil-fosil hewan purba seperti tikus besar biawak raksasa, dan gajah kerdil atau stegodon.

Menghabiskan waktu liburan Kamu bersama orang-orang terdekat di Labuan Bajo tentu saja adalah pilihan paling tepat. Karena Labuan Bajo tidak hanya menawarkan keindahan alam yang mempesona, namun keragaman budaya, sejarah, serta keberagaman hayati akan membuat pengalaman liburanmu berkesan dan tentunya tidak terlupakan. Kunjungi website Kami, ayotraveling.co.id untuk setiap rencana liburanmu ke Labuan Bajo dan temukan paket wisata terbaik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *