Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Jelajahi Budaya dan Sejarah Solo

Solo atau biasa disebut dengan kota budaya merupakan sebuah daerah yang masih memegang nilai budaya dan sejarah yang begitu kuat. Selain itu, Solo juga memiliki bentuk pemerintahan seperti Yogyakarta yaitu Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

 

Saat ini, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dijadikan objek wisata yang paling diminati wisatawan yang berkunjung ke Solo. Di sini Anda akan mempelajari budaya dan sejarah serta hal apa saja yang ada di dalam Keraton ini.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini pun bisa dijadikan tempat wisata untuk keluarga. Saat berwisata ke tempat ini, Anda bisa memperkenalkan budaya dan sejarah yang ada di kota Solo pada buah hati Anda. Tak hanya itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang banyak meski Anda memboyong anggota keluarga yang banyak.

Dulu, Keraton Surakarta ini merupakan bagian dari kerajaan Mataram. Namun akibat masalah politik dengan  pemerintah Belanda saat itu, akhirnya Kerajaan Mataram dipecah menjadi dua yakni Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta.

Di Keraton Surakarta ini sering diselenggarakan upacara adat, tapi memang tidak diadakan setiap hari. Tapi jika Anda beruntung, Anda bisa menyaksikan upacara Adat tersebut saat berkunjung ke tempat ini.

Nah jika Anda lapar saat berkunjung ke sini, Anda bisa menikmati Tengkleng. Karena lokasi Keraton Surakarta Hadiningrat tidak jauh dari pasar Klewer, jadi Anda bisa mendapatkan Tengkleng dengan mudah.

Sedikit membahas tentang Tengkleng, Tengkleng ini merupakan makanan khas Solo yang terdiri dari tulang dan tetelan kambing. Bisa dikatakan hampir mirip dengan sajian gulai, namun kuahnya lebih bening dan rasanya lebih pedas.

Nah Tengkleng di pasar Klewer dekat Keraton ini, merupakan tengkleng paling terkenal di Solo namanya Tengkleng Bu Edi. Selain rasanya yang benar-benar nikmat dan khas, harganya pun masih bersahabat bagi travler yaitu sekitar Rp15000 hingga Rp25000 perporsi. Jika Anda masih merasa kurang, Anda bisa memesannya lagi. Tengkleng Bu Edi ini selalu dipadati pengunjung, jadi saat memesan Anda harus siap untuk mengantri ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Paket ? Chat Kami