Jajanan Kaki Lima di Istanbul, Makanan Panas dan Dingin

Makan makanan jalanan adalah salah satu hidup di Istanbul. Di sepanjang jalan anda akan menemuai banyak pedagang kaki lima dengan jarak kurang dari satu meter dan selusin toko makanan ringan atau büfes. Sederet makanan ringan seperti börek (pastry), kebap, döner dan köfte (bakso). Berikut beberapa jajanan kaki lima yang sering dijumpai, antara makanan panas dan dingin.

Jajanan panas kaki lima di Istanbul

Döner turki kuliner

 

Kebap, makanan jalanan pertama yang pastinya di cari wisatawan. Kebap berarti potongan kecil daging panggang biasanya berisi daging sapi, domba atau ayam. Ketika anda berada di Istanbul, anda perlu mencobanya İskender Kebap, Adana Kebap, Patlıcan Kebap dan Şis Kebap.

Döner, daging yang dikemas dengan padat kemudian dipanggang pada kemiringan vertikal adalah makanan cepat saji (atau makanan lengkap) seperti Pilav Üstü Döner, İskedender and Dürüm.

Börek, kue keripik yang terdiri dari beberapa lapisan tipis. Biasanya yang menjadi favorit seperti ıspanaklı börek (dengan isi bayam), peynirli börek (dengan isi keju), kıymalı börek (dengan isi daging cincang) dan patatesli börek (dengan isi kentang).

Pide, pizza sedikit rata seperti roti. Hidangan yang ada disajikan sedikit berbeda dengan Kaşarlı Pide (keju meleleh) dan Sucuklu Pide (keju meleleh dan sosis pedas) di antara yang paling terkenal.

Lahmacun, pizza bergaya ala Turki. Potongan pucat yang sangat tipis, dengan dasarnya daging, bawang merah, pasta lada, kadang tomat, lada, peterseli, dan rempah-rempah. Disajikan dengan salad dan beberapa potong lemon.Penduduk setempat biasanya makan pizza dengan salad, kemudian sedikit tetesan lemon dan dibuat gulungan didalamnya.

Mısır, jagung rebus atau panggang, sering ditaburi garam atau rempah-rempah.

Kestane, jagung panggang, karena kurangnya jagung di musim dingin, para pedagang kaki lima menyebutnya chestnut panggang di musim dingin.

Balık ekmek, secara harfiah disebut ‘roti ikan’. Dan secara dasarnya adalah ikan panggang atau goreng kemudian dimasukkan ke dalam roti besar.

Penggemar makanan cepat saji ini bisa bersenang-senang di Eminönü, di tepi pantai dekat Jembatan Galata.

Makanan Dingin Kaki Lima di Istanbul

Simit

Simit, gulungan renyah, berbentuk cincin dan gurih yang diselimuti wijen. Dijual oleh penjual jalanan dengan mobil push front-front. Ada dua versi seperti sokak simit (dijual di jalanan dan sangat renyah) dan pastel simit (dijual di toko-toko dan lebih lembut).

Açma, sanggul gurih berbentuk bulat, donat ala Turki, lembut tapi juga sedikit berminyak.

Poğaça,  kue kering dan rasanya gurih. Anda biasa disebut (sade) atau pilih yang berisi: peynirli (keju), kıymalı (daging cincang), atau zeytinli (irisan zaitun hitam)

Çiğ köfte, awalnya hidangan ini terbuat dari daging mentah, gabah dan lada merah. Sekarang  çiğ köfte tidak lagi diizinkan dijual bebas karena mengandung daging mentah.

 Hal Biasa

Saat jalan-jalan di Istanbul, pastinya anda akan memperhatikan makanan yang di jual di jalanan. Terlihat lezat dan enak, tapi berhati-hatilah jika anda ingin membelinya. Sebaiknya anda meminta saran pada pemandu anda atau bertanya pada wisatawan lokal.

Midye Dolma

 

Midye dolma, hidangan kerang. Jika anda penggemar kerang, mungkin anda akan memilih untuk datang langsung ke restoran.

Kokoreç, usus domba yang dipanggang dengan rempah-rempah hampir dipanggang dengan tusuk sate. Camilan yang sangat populer setelah makan malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Paket ? Chat Kami