Taman Sejarah, Destinasi Wisata Baru yang Asik dan Menarik di Bandung

Berbicara tempat wisata di kota Bandung memang tidak akan ada habisnya. Sebab, kota yang dijuluki kota Kembang ini selalu berinovasi untuk membuat lahan baru untuk berlibur. Salah satu wisata yang belum lama ini dibuat adalah Taman Sejarah.

Di area taman terdapat stiker media kaca, relief dan mural dengan cerita berbeda. Di dalam stiker media kaca, terdapat gambar serta sejarah wali kota dari masa ke masa. Sekitar 16 wali kota yang terpampang di sana.

Sementara relief menceritakan sejarah Bandung di era Wiranatakusumah.  Bandung di masa lalu sampai masa kini terceritakan secara umum di tembok dengan grafis yang modern. Dari mulai kota Bandung saat ini, kota Bandung saat pra Sejarah, Tangkubanparahu dan masa setelah kemerdekaan.

Pemerintah kota Bandung mendedikasikan satu area yang dulunya adalah bekas area parkir gedung DPRD kota Bandung menjai tempat wisata sejarah yang bisa dikunjungi oleh siapa saja. Cara ini ditujukan bagi anak-anak agar tidak bosan belajar sejarah.

“Jika wisata sejarah terlalu didoktrin di kelas, pasti akan sangat membosankan. Nah di sini belajar sejarahnya sambil bermain,” tutur wali kota Bandung, Ridwan Kamil.

Lanjut pria yang disapa Emil, Taman Sejarah dibangun dengan tujuan agar warga Bandung belajar dengan mudah. “Minimal bisa memahami sejarah dari jaman Belanda. Setelah selesai berkunjung ke tempat ini, selain hati gembira, tapi juga mendapat oleh-oleh. Nah, dari sini oleh-olehnya mendapatkan ilmu sejarah,” kata Kang Emil.

Taman dengan luas 2,600 meter persegi dilengkapi dengan area taman bermain untuk anak. Taman bermain tersebut berupa kolam dangkal. Selain kolam, ada amphiteater untuk tempat duduk pengunjung. Taman Sejarah ini terletak di Jl. Aceh atau tepatnya berada di belakang Balai kota Bandung.

Sebagai tambahan, Taman Sejarah ini diresmikan pada 4 Februari oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Dalam acara tersebut, Ridwal Kamil Mengundang keluarga Wirantakusuma. Wirantakusuma ini merupakan sebagai salah satu tokoh yang ikut membangung kota Bandung.

Kini Taman Sejarah ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Bandung, terutama pada saat weekend.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Paket ? Chat Kami