Wisata Kuliner Bangka Belitung yang Otentik

Bangka Belitung salah satu daerah yang masih kental dengan budaya tradisionalnya. Warga Belitung masih mempertahankan warisan nenek moyangnya. Hal tersebut tidak hanya bisa dilihat dari acara adat-istiadat yang masih mereka terapkan, tapi mereka pun menjaganya melalui kuliner Belitung. Sajian kuliner yang ada di pulau ini masih sangat otentik, tentunya pasti akan membuat Anda jatuh hati. Untuk mengetahui seperti apa makanan dan rasanya yu simak ulasannya :

Wisata Kuliner Bangka Belitung yang Otentik

resep-masakan-lezat-lempah-kuning-khas-bangka-belitung

Lempah Kuning

Lempah kuning merupakan sajian utama dalam keluarga dan masyarakat Belitung. Makanan ini pun selalu makanan yang wajib ada pada saat upacara adat dan keagamaan. Lempah kuning berupa sayur sop yang berwarna kuning, terbuat dari ikan laut potongan nanas dan bumbu lainnya. Rasanya gurih dan menyegarkan cocok disantap saat siang hari.

Dodol Cempedak

Makanan ini memiliki popularitas yang lumayan tinggi di Belitung. Dodol ini terbuat dari daging cempedak dan durian serta tambahan gula. Bentuknya memang sedikit aneh, rasanya kenyal-kenyal dan manis di mulut. Harga dodol ini Rp200.000 rupiah.

Pantiaw

Salah satu sajian Belitung yang paling dicari adalah Pantiaw. Pantiaw ini berupa sajian berkuah dengan rasa pedas dan gurih serta ada rasa sedikit manis. Selain itu masih ada isian irisan daging dan tauge. Paling mantan saat cuaca dingin. Panganan khas Belitung ini bisa Anda temukan juga di Jakarta, yang menjual makanan khas Belitung.

Kemplang Bangka

Kemplang Bangka terbuat dari ikan segar, tepung tapioka, telor, minyak goreng dan juga garam yang dicampur. Setelah adonan ini tercampur, kemplang ini dijemur lalu digoreng atau dipanggang. Untuk memperkaya rasa, kemplang dicampur dengan sambal terasi.

Tekwan

Berbahan dasar ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung kanji lalu dibentuk menyerupai baso sapi, membuat lidah penasaran dengan rasa yang ditawarkannya. Kuahnya terbuat dari campuran bawang putih, lada dan kaldu udang atau kaldu sapi. Rasanya memberikan warna baru di lidah Anda.

Demikianlah ulasan mengenai wisata kuliner Bangka Belitung yang Otentik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Paket ? Chat Kami