7 Destinasi Pilihan Tempat Wisata Di Derawan yang Tidak Akan Anda Lupakan

Ubur-Ubur Pulau Kakaban

Image from Google

7 Destinasi Pilihan Tempat Wisata Di Derawan yang Tidak Akan Anda Lupakan

Sudah semestinya bagi Anda yang memiliki hobby travelling, maka Anda perlu mencoba keluar dari zona nyaman dengan mulai dengan rencana bepergian ke tempat yang jauh dari tempat tinggal Anda saat ini.

Masih banyak kepingan surga di Negeri ini yang masih perlu Anda explore, salah satu keindahan alam tersebut yang wajib Anda kunjungi adalah Pulau Derawan. Sebuah pulau yang masuk menjadi salah satu pulau dengan hamparan pantai terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini.

Pulau Derawan ini berada di Provinsi Kalimantan Timur, sehingga akses menuju lokasi cukup mudah bagi Anda para wisatawan. Pulau Derawan sebenarnya adalah sebuah kepulauan yang terdiri dari 31 pulau, namun yang sering terexpose media dan terkenal dengan keindahannya adalah Pulau Derawan, Kakaban, Maratua dan Sangalaki.

Tempat wisata di Derawan merupakan surga tropis bagi Anda pasalnya Anda dapat menyaksikan pemandangan pantai pasir putih, nyiur melambai dan juga warna air laut yang kebiruan dan jernih. Tempat wisata di Derawan juga terkenal akan tempat diving terbaik yang dimiliki Indonesia selain Raja Ampat karena banyak sekali biota laut yang akan Anda jumpai.

Tercatat saat ini seluruh wilayah konservasi laut milik tempat wisata di Derawan luasnya kurang lebih  1,27 juta hektar.

Nah rasanya tidak afdhol jika Anda telah menginjakkan kaki di Pulau Derawan dan Anda tidak mengunjungi beberapa tempat wisata di Derawan yang sangat memukau tersebut. Jadi berikut ini adalah 7 destinasi pilihan wisata yang dapat Anda catat saat berkunjung ke tempat wisata di Derawan, yuk simak!

  1. Pantai Pulau Derawan

Hampir seluruh tempat wisata di Pulau Derawan bertemakan wisata bahari, sehingga banyak sekali pantai indah dengan pemandangan biota laut seperti ikan kecil dan terumbu karang yang terlihat dari atas permukaan air laut.

Pantai Pulau Derawan Indonesia
Image from Google

Pantai di Pulau Derawan memiliki warna air laut yang sangat memukau dan berkilauan jika terkena sinar matahari, dengan warna air laut yang biru kehijauan membuat Anda betah menghasilkan foto-foto liburan yang sangat instagramabble.

Anda juga dapat melakukan aktivitas air seperti snorkling dan juga diving di tempat wisata di Derawan ini. Anda juga dapat tinggal dengan menyewa cottage maupun resort yang berada di sekitar Pantai Pulau Derawan.

Untuk akses menuju lokasi yang perlu Anda tempuh dapat dimulai dari Bandara Berau. Setelah itu Anda dapat melanjutkan perjalanan via darat selama kurang lebih hingga sampai di Pelabuhan Tanjung Batu, setelah itu Anda dapat naik speedboat dengan kisaran waktu 30 menit.

  1. Goa Haji Mangku

Untuk sampai ke sini, Anda bisa coba 2 cara, dengan jalan kaki selama 7 jam dari Maratua Paradise Resort atau dengan menggunakan speedboat dari starting point yang sama menuju ke utara Pulau Maratua dengan hanya memakan waktu 15-20 menit.

Goa Haji Mangku
Image from Google

Menggunakan speedboat pun tidak semudah itu juga, Anda harus menunggu air pasang agar speedboat bisa lewat tapi dalam artian tidak berbahaya itu juga supaya nantinya speedboat bisa parkir ngga jauh dari mulut goa.

Kemudian, Anda masih harus trekking ringan selama 10 menit hingga akhirnya Anda akan menemukan mulut goa dengan warna air birunya yang khas.

  1. Ubur-Ubur Pulau Kakaban

Tempat wisata di Derawan yang satu ini harus masuk list liburan Anda dan wajib Anda kunjungi setidaknya sekali seumur hidup karena keindahannya beserta kesenangan beramin bersama ubur-ubur. Selain itu pemandangan yang ada di Pulau Kakaban benar-benar asri sehingga membuat Anda sedang berasa di private island.

Pulau Kakaban  ini yang termasuk dalam tempat wisata di Derawan yang sedang hits memiliki luas sekitar 774,2 hektar yang mana menduduki pulau keempat terbesar di kepulauan Derawan.

 

Ubur-Ubur Pulau Kakaban
Image from Google

Pulau Kakaban memiliki sebuah danau indah yang menjadi rumah para ubur-ubur yang ‘jinak’. Yang menariknya lagi berdasarkan penelusuran sebuah situs Atlas Obscura, selain di Indonesia terdapat lagi satu danau demikian yang berada di palau.

  1. Pulau Sangalaki

Jika Anda ingin melakukan snorkling dan diving maka tempat wisata di Derawan yang satu ini patut Anda pertimbangkan. Pulau Sangalaki termasuk dalam pulau terindah untuk diving di kawasan kepulauan Derawan. Terdapat banyak sekali spot untuk melakukan diving dengan biota laut beragam yang bisa Anda lihat dari dekat.

Pulau Sangalaki
Image from Google

Biota laut yang sangat popular dan kerap ditemukan di perairan Pulau Sangalaki ini diantaranya adalah Penyu hijau dan penyu sisik juga  ikan pari manta yang dapat Anda temukan seringnya berenang secara berkelompok.

  1. Danau Labuan Cermin

Jika Anda bosan dengan suasana pantai dan angin laut maka Anda dapat mencoba destinasi di salah satu tempat wisata di Derawan yaitu Danau Labuan Cermin. Meskipun danau labuan cermin lumayan jauh dari Pulau Derawan dan menghabiskan waktu sekitar 7 jam perjalanan dari Ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb.

Danau Labuan Cermin
Image by IndonesiaKaya.com

Namun Anda tak akan menyesal setelah menginjakkan kaki di danau labuan cermin. Anda akan disuguhkan pemandangan danau dengan air yang sangat jernih dengan warna biru kehijauan.

  1. Pulau Maratua

Pulau Maratua merupakan salh satu destinasi wajib saat Anda memutuskan untuk travelling ke tempat wisata di Derawan. Pasalnya Pulau Maratua merupakan hamparan pulau kecil yang dikelilingi laut biru yang dengan penduduk sekitar 3.000 jiwa dan yang terbagi dalam 4 desa. Mayoritas warga lokal bekerja sebagai Nelayan di Pulau Maratua.

Di jamin Anda akan betah selama berada di Pulau Maratua karena telah tersedia beragam resort sebagai tempat Anda beristirahat selama berkunjung ke kepulauan Derawan. Anda dapat melakukan aktivitas air seperti diving dan snorkling di sekitar resort yang ada.

Pulau Maratua Derawan
Image from Google

Nah untuk akses menuju Pulau Maratua ini Anda dapat memulai dengan menuju Bandara di Kabupaten Berau, Tanjung Dereb. Setelah sampai Tanjung Dereb Anda dapat menyewa speedboat untuk menuju Pulau Maratua yang membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dengan kecepatan sedang.

  1. Blue Light Cave

Bagi Anda yang suka memacu adrenaline saat berwisata maka Blue Light Cave yang merupakan salah satu tempat wisata di Derawan ini wajib Anda coba. Blue Light Cave berada di Pulau Kakaban. Nah serunya Anda akan langsung menyelam di laut biru dengan  kedalaman laut 12 meter, sehingga Anda perlu mempersiapkan alat diving dengan cara menyewa peralatan di sekitar lokasi.

Blue Light Cave Derawan
Image from Google

Anda akan diajak menyelam menemukan Goa di dalam laut dengan panduan master diving jadi Anda tak perlu lagi takut. Di jamin Anda tidak akan pernah melupakan pengalaman liburan yang anti mainstream ini.

Nah di atas adalah 7 destinasi pilihan saat Anda memutuskan untuk pergi berwisata ke tempat wisata di Pulau Derawan. Jangan lupa ajak teman terdekat, pasangan ataupun keluarga kecil Anda untuk menikmati liburan panjang ke Pulau Derawan, di jamin pemandangan pulau yang asri dan terasa perawan akan membuat mood Anda good mood seketika. Happy Holiday!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Paket ? Chat Kami